Pejuang Bangsa Itu Pemuda Berkarakter


Indonesia dibangun oleh pemuda-pemuda yang berkarakter kuat, sebut saja presiden pertama kita bung Karno yang dikenal sebagai bapak proklamator kita. Hanya dengan suara yang lantang, beliau mampu menghipnotis para pendengarnya untuk mengikuti  jejak langkahnya. Karakter bisa jadi memang karena keturunan namun bisa juga dicari dengan beberapa usaha. Tak bisa dielakan bahwa sekarang ini Indonesia sedang mengalami krisis karakter yang ditandai oleh krisis keteladanan karakter pemimpin kita. Bahkan muncul isu adanya negeri auto pilot sebagai perwujudan bahwa Negara ini akan tetep berjalan walau tanpa pemimpin sekalipun. Padahal Negara seharusnya  dikendalikan oleh seseorang yang menonjol dan berkarakter yaitu pemimpin. Akhir-akhir ini pendidikan karakter memang gencar dicanangkan, mulai dari kampus saya yang bernama Universitas Negeri Yogyakarta hingga kini mungkin telah menyebar dan menjadi isu paling menarik dan akan mulai dikembangkan dari tiap instansi pendididkan yang ada di Indonesia

Mungkin karakter itu dapat juga diwariskan dan diturunkan dari generasi dahulu ke generasi sekarang yaitu lewat suatu transfer skill ataupun teladan dari beberap profil Individu. Kita sebagai generasi penerus sudah seharusnya menyiapkan segala sesuatunya untuk masa depan kelak agar lebih baik. Kita sebagai pemuda yang berkarakter hendaknya memulai dari sekarang  dan menjadi trendsetter golongan tua maupun anak-anak. Karena pemuda pada dasarnya masih memiliki jasmani yang energik dan sarat akan pemikiran yamg menginovasi. Ada banyak karakteristik pemuda yang menarik dan perlu dikembangkan agar dapat dibina dan nantinya akan menjadi karakter pemuda yang menginspirasi pemuda-pemuda yang lain.

Kobaran semangat pemuda

Kobaran semangat pemuda

Kita sebagai pemuda yang berkarakter sudah seharusnya mempunyai visi kedepan dengan disertai jiwa nasionalismenya dapat menjadi alat untuk memajukan bangsanya lewat ide-idenya yang unik. Pemuda berkarakter itu pemuda yang senantiasa memanfaatkan waktunya untuk semakin menguatkan karakternya dengan mencari ilmu diamanapun ia singgah, bagaimana seorang pemimpin itu cerdas akalnya dan cerdik  dan jeli dalam memanfatkan peluang resiko. Ada baiknya jika karakter pemuda itu tidak gampang menyerah karena pada hakekatnya tuhan telah member janji kepada makhluknya agar bersungguh-sungguh lalu kemudia tuhan akan memberi mereka apa yang dicita-cita kan. Bayangkan saja kalau Negara kita dipenuhi oleh pemuda-pemuda yang berusus panjang tanpa mengeluh dan berwawasan luas, maka mungkin tak diragukan lagi kita akan menjadi negara super power yang pastin.ya kan disegani oleh Negara-negara lain.Ada banyak contoh yang dapat mebuktikan bahwa hanya dengan membangun karakter pemuda yang luhur dan kuat itu dapat membangun bangsa yang kokoh. Misalkan saja bila kita menengok Negara India yang sebagian besar berpenghuni pemuda-pemudi ini mampu melahirkan para einginer-einginer muda yang tangguh dan mereka kebanyakan dengan karakternya yang nasionalis iu dapat membanggakan negaranya dengan semangat cinta produk dalam negeri. Dan kini India sangat dikenal sebagai negar yang nasionalis. Maka sesungguhnya kita sebagai pemuda yang berkarakter dapat mengubah masa depan bangsa yang lebih baik. Sehingga sanget tepatlah bila kita memeliki julukan pemuda berkarakter sebagai pejuang bangsa.

by. Khilma Latifiarni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s